Saturday, May 9, 2015

Menguasai Tenses dengan Mudah #2 - Bahasa Inggris

1. Simple Present

*) untuk subjek orang ke-3 tunggal (she dan he), kata kerja ditambah akhiran “-s”
Ini merupakan tense yang paling sederhana. Umumnya digunakan untuk menyatakan kejadian atau keadaan yang selalu, sering, biasanya, atau pada umumnya terjadi . Misalkan dalam bahasa Indonesia, “Matahari terbit dari Timur”. Seperti yang kalian tahu, dari dulu hingga sekarang, di manapun di seluruh dunia, matahari pasti terbit dari sebelah timur dan tenggelam di barat. Oleh karena itu, kalimat ini dalam bahasa Inggris menggunakan SIMPLE PRESENT, menjadi : Sun rises on the east.

Contoh lain :
My name is Jaya. (S + tobe + noun)
I love you. (S + V1 + Object)
He watches television every day. (S + V1 + Object )

2. Present Perfect

Present perfect terdiri dari 2 kata kunci, yaitu PRESENT dan PERFECT. Coba kita ingat-ingat lagi kata-kata kunci tenses. Apa ciri-ciri present dan apa ciri-ciri perfect? Untuk present, cirinya adalah V1 dan untuk perfect cirinya have, has, dan had. Namun, karena ada kata present, otomatis kita hanya memilih have dan has, karena had merupakan bentuk lampau (past) dari have. Dan INGAT !!, kata “HAVE”, “HAS”, dan “HAD” dalam bahasa Indonesia mempunyai dua arti, yaitu TELAH (sebagai modal / verba pembantu) dan MEMILIKI (sebagai verba / kata kerja). Jadi kalau dua kata tersebut ada dalam satu kalimat, maka “HAVE” (sudah) pasti berada sebelum kata HAVE (memiliki). Lihat contoh nomor 3.

Tense ini biasanya digunakan untuk menyatakan suatu perbuatan yang telah dilakukan semenjak beberapa waktu sebelum sekarang hingga sekarang, dan kemungkinan akan berlangsung hingga nanti, walau tidak selalu. Misalkan kalimat, “I have eaten that meat.”. Kalimat ini menyatakan “saya” baru saja telah makan daging itu, namun saya tidak melanjutkannya hingga sekarang apalagi nanti.
Contoh :
They have lived here for 50 years. (S + have + V3 + Object)
Mereka telah tinggal di sana selama 50 tahun.

She has been a teacher since that school was built. (S + has + been + noun)
Dia telah menjadi guru sejak sekolah itu dibangun.

I have had this thing since I was child. (S + have + V3 + Object)

Aku telah memiliki benda ini sejak aku kecil.

3. Present Continuous

Present Continuous terdiri dari dua kata kunci, yaitu present dan continuous. Masih ingat ciri keduanya ? harus donk. Present cirinya adalah V1, sedangkan continuous adalah V-ing. Berarti, tense ini memakai kata kerja bentuk “–ing”. Namun, untuk menyatakan bahwa ini kalimat tersebut adalah present, maka kita menggunakan tobe present (is dan are). INGAT !!! dalam segala turunan tense CONTINUOUS, Verb-ing tidak mungkin berdiri sendiri, tapi harus didampingi oleh to be. Misalkan, “I eating a plate of rice, now. Ini merupakan kalimat yang kesalahannya fatal. Walau begitu, ini cukup sering terjadi, lo, jadi hati-hati. Memang penutur bahasa Inggris sendiri sering mengilangkan to be, misalkan dalam lirik lagu dan dalam komunikasi sehari-hari. Namun, kita di sini belajar bahasa Inggris dalam lingkup akademis, jadi kita mesti menggunakannya sesuai tata bahasa yang ada.  Jadi, kalimat yang benar adalah, “I am eating a plate of rice, now.”

Tense ini menyatakan suatu perbuatan atau kejadian yang berlangsung beberapa waktu yang lalu, masih berlangsung sekarang, dan kemungkinan besar akan berlanjut hingga nanti. Sebenarnya, tense ini memiliki makna yang hampir sama dengan PRESENT PERFECT. Namun, bedanya adalah kalau present perfect lebih menekankan bahwa si pembicara sudah melakukan sesuatu yang dikatakannya, saat dia mengatakannya. Sedangkan PRESENT CONTINUOUS ini lebih menekannkan bahwa si pembicara sedang melakukan sesuatu yang dikatakannya, saat dia mengatakannya. 
Memang kata-kata saya mungkin agak ribet, tapi mudahan kalian bisa paham.

Contoh :
She is helping her mother sell those books. (Subject + tobe + V-ing + Object)
Dia sedang membantu ibunya menjual buku-buku itu.

They are trying to escape. (Subject + tobe + V-ing)
Mereka sedang mencoba kabur.

I am writing a letter. (Subject + tobe + V-ing + Object)
Saya sedang menulis sepucuk surat.

4. Present Perfect Continuous


Kala ini terdiri dari 3 kata kunci, yaitu, PRESENT, PERFECT, dan CONTINUOUS. Ciri untuk present adalah V1, sedangkan untuk perfect adalah have/has, dan untuk continuous adalah V-ing. Jadi, tense ini ditandai dengan adanya “pertemuan” antara have/has dan verba bentu –ing. Untuk lebih memudahkan mengingat, tense ini merupakan PRESENT PERFECT yang masih berlangsung hingga sekarang dan nanti.

Tense ini digunakan untuk menekankan “durasi” suatu kegiatan yang mulai pada beberapa waktu yang lalu dan berlanjut hingga sekarang. Ketika, tense ini mengandung makna tersebut, maka biasanya menggunakan kata for, since, all morning, all day, all week, dsb.
Contoh :
(1) I have been sitting here since 6 o’clock. (Subject + have + V-ing)
Saya telah duduk di sini sejak jam 6.

(2) It has been raining all day. It’s still raining right now. (Subject + has + been + V-ing)
Hari ini hujan seharian. Sekarangpun masih hujan.

(3) You have been learning English tenses for an hour. Now, you’re still learning it. (Subject + have + been + V-ing + Object)
Kamu telah mempelajari kala/tense selama 1 jam. Sekarang, kamu masih mempelajarinya.

5. Present Future


Present future digunakan untuk mengungkapkan kejadian atau keadaan yang akan terjadi di masa depan. Ada 2 cara untuk mengungkapkan present future, yan pertama menggunakan modal “will” dan “shall” ( “shall” umumnya digunakan dalam bahasa Inggris Britania daripada bahasa Inggris Amerika), kedua dengan frasa “be going to”yang sering disingkat dalam bahasa lisan.

Contoh:
(1)   He will finish his work. (Subject + will + Infinitive)
(2)   He is going to finish his work tomorrow. (Subject + will + Infinitive)


6.      Present Future Perfect


Present Future Perfect digunakan untuk mengungkapkan kegiatan atau pekerjaan yang akan diselesaikan sebelum suatu kejadian lain berlangsung di masa depan.
Contoh:

(a) I will graduate in June. I will see you in July. So, by the next time I see you, I will have graduated.

Aku akan wisuda Juni ini. Aku akan menemuimu Juli ini. Jadi, saat aku menemuimu, aku telah lulus.

(b) I will have finished my homework by the time I go to school.

Pada saat berangkat ke sekolah, aku sudah menyelesaikan PR-ku.

7. Present Future Continuous (cukup jarang digunakan)

Future progressive digunakan untuk mengungkapkan pekerjaan yang akan sedang dilakukan pada suatu waktu di masa depan.

Contoh:
      (a)   I will begin to study at seven. I will be studying when you come.
Aku akan mulai belajar jam 7. Aku akan mulai belajar ketika kamu datang.

      (b)   Right now I am sitting in class. At this same time tomorrow, I will be having a study tour.
Saat ini aku sedang duduk di kelas. Jam segini besok hari, aku akan sedang melakukan study tour.

      (c)    Don’t call me at nine, because I won’t be home. I am going to be studying at the library.
Jangan telepon aku jam 9, karena aku tidak ada di rumah (jam segitu). (Jam segitu), aku sedang belajar di perpustakaan.

 Terkadang, tidak ada perbedaan antara future continuous dan simple future, terutama ketika kejadian di masa datang terjadi pada waktu yang tak tentu.

Contoh:
      (d)   Don’t get impatient. She will be coming soon.
Bersabarlah! Dia akan segera datang.

      (e)   Don’t get impatient. She will come soon.
Bersabarlah! Dia akan segera datang.

8. Present Future Perfect Continuous (sangat jarang digunakan)

Present future perfect continuous digunakan untuk menekankan durasi dari suatu pekerjaan yang akan berlangsung sebelum suatu waktu atau kejadian di masa depan.

Contoh:    
      (a)      I will go to bed at ten P.M. he will get home at midnight. At midnight I will have been sleeping for two hours by the time he gets home.

Kadang-kadang, kalimat dalam future perfect dan future perfect continuous mempunyai makna yang sama, seperti dalam contoh (b) dan (c) berikut. Perhatikan pula bahwa kejadian atau pekerjaan (teach for 45 years = mengajar selama 45 tahun) dalam dua kalimat berikut bolehjadi dimulai pada masa lampau.

Contoh: 
      (b)      When Professor Jones retires next month, he will have taught for 45 years.   
      (c)      When Professor Jones retires next month, he will have been teaching for 45 years.

No comments:

Post a Comment